Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (APK) merupakan salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor. OTKP salah satu ilmu Manajemen yang mempunyai spesifikasi khusus dalam bidang perkantoran, artinya dalam ilmu Perkantoran dipelajari secara detail segala kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan perkantoran.
Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor.
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran antara lain staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris selain itu juga dilingkup berbagai lembaga / organisasi pemerintah atau swasta seperti staff administrasi perkantoran dan perusahaan (bagian pendaftaran, bagian informasi, keuangan, dan lain-lain), sekretaris, asisten sekretaris, tata usaha (kesiswaan, surat menyurat, keuangan, dan lain-lain), resepsionis, personalia, asisten manajer, guru OTKP atau dosen OTKP.